Minggu, 11 Desember 2011

Tugas 8. Maintenance Komputer


Perintah SUHU Pintarkan Berkomputer (PSPB) !
  1. Carilah artikel tentang segala hal yang berkaitan dengan Maintenace (Perawatan) Komputer. Komputer akan awet, tak gampang rusak bilamana Si User Komputer pandai-pandai merawatnya. Mengapa Anda terlihat cantik, gantheng dan segar ? Kuncinya,"Maintenance (Perawatan)" sedemikian rupa misalnya : mandi, gosok gigi, keramas pakai shampoo, jerawatan diobati, sakit diobati, rambut gondrong dicukur, kuku panjang dipotong, gigi tak merata dipangkur, pakaian serba rapi dan bersih, dll di mana kesemuanya tak dilakukan secara asal-asalan, namun tentunya menerapkan Aturan Main. Selama aturan main dipatuhi, maka semuanya akan berjalan normal dengan hasil memuaskan.
  2. Abadikan di Blog Anda masing-masing !
  3. Upayakan membuat Karya Artikel dengan Gaya Diri Sendiri tentunya akan lebih baik
  4. Tidak direkomendasikan asal Copy Paste begitu saja. Bilamana Copy Paste, jangan lupa mencantumkan sumber pengambilannya.
.
YANG HARUS DICARI sebagai berikut :

  1. Cara Mendeteksi Komputer Kena Serangan Virus
  2. Cara Menyecan Virus
  3. Cara Menangani Virus
  4. Cara Menangani Virus Lokal
  5. Cara Menangani Virus Asing
  6. Tutorial Maintenance Komputer Personal Computer (PC)
  7. Tutorial Maintenance Komputer Laptop
  8. Tutorial Maintenance Komputer Notebook
  9. Tutorial Maintenance Komputer Netbook
  10. Tutorial Maintenance Komputer Jaringan (LAN) 
  11. Tutorial Maintenance Printer
  12. Tutorial Maintenance Monitor
  13. Tutorial Maintenance Keyboard
  14. Tutorial Maintenace Flash Disk
  15. Tutorial Maintenance CD VCD
  16. Tutorial Maintenance CD DVD
  17. Tutorial Maintenance Mother Board (MOBO)
  18. Tutorial Maintenance Hard Disk
  19. Tutorial Maintenance Memory
  20. Tutorial Maintenance CD ROM Jenis Read Only dan RW.
  21. Tutorial Maintenace DVD ROM Jen is Read Olnly dan RW.
  22. Tutorial Trik Tips Menghindari Berbaghai Jenis Penipuan Di Internet
  23. Silahkan berburu Software Gratis untuk didownload yakni :
• The Latest Free ANSAV+Update
• The Latest Free NOD32+Update
• The Latest Free AVIRA+Update
• The Latest Free PDF Creator
• The Latest Free Acrobat Reader
• The Latest Free Adobe Reader
24. Jelaskan kegunaan seluruh Software yang Anda download pada soal nomor 19 tersebut di atas !

25. Sebutkan hikmah pemeberian tugas di atas bagi Anda !


Cara Mendeteksi Komputer Kena Serangan Virus 
Beberapa hari yang lalu komputer saya terkena sebuah virus (mungkin kurang tepat juga dibilang virus, karena setelah saya cek tidak ada kerusakan system yang terjadi). Prosesnya memiliki nama ” .exe”, proses ini membuat saya tidak bisa langsung mendouble-click hard-drive komputer saya, setelah saya coba scan menggunakan Kaspersky 7 dan PCMAV RC23 proses ini tidak dikenali sebagai virus maupun malware.
Langkah-langkah penanganan :
Hal pertama yang saya lakukan adalah men-cek Proses yang sedang berjalan di Task Manager, process apa yang kira2 menyebabkan saya tidak bisa melakukan double-click di harddisk saya.. Setelah saya cek, ternyata terdapat proses yang bernama ” .exe” dan bukan bawaan vendor tertentu. Ketika proses ini di-end-task, proses ini akan berhenti, namun saat komputer direstart, maka proses ini akan berjalan lagi. Asumsi saya : proses ini sudah menyimpan sebuah registry di Windows.
Langkah berikutnya, saya menggunakan program yang bernama ProcessMonitor dan ProcessExplorer. Dengan 2 program ini, saya mencari proses yang namanya sudah diketahui sebelumnya di ProcessExplorer/Process Monitor. Setelah proses tersebut ditemukan, maka saya cek properties-nya dia nyimpen sodara2nya dimana aja. Dalam kasus saya, dia nyimpen di sodara2nya di
“HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionRun” (registry windows - bisa diakses dengan mengetikkan regedit di run), system32, dan di Drive C:. Setelah saya mengetahui letak master copy virus, maka proses berikutnya adalah menghapus semua proses dan registry yang telah diketahui tersebut, antara lain dengan :
1.mematikan terlebih dahulu processnya (lewat process explorer/process monitor)
2.menghapus kode di registry
3.menghapus virus yang ada di master location..(biasanya di system32)
Nah, ternyata terdapat masalah lagi saat saya ingin menghapus master copy yang terletak di system32. Saya tidak bisa menemukan master copy yang terletak di system32, maka saya coba langkah berikutnya, dengan membuka Tools>Folder Options>trus ke Tab View, dan centang Hide Extensions for known file types + Hide protected operating system filesnya dinonaktifkan sementara serta centang Show hidden files and folder diaktifkan. Akhirnya saya bisa menemukan copy dari virus ini, maka saya hapus, namun sebelumnya saya compress terlebih dulu (dan diberi password tentunya) untuk kemudian dikirimkan ke perusahaan antivirus.
Pada postingan sebelumnya pernah saya muat tentang Kilas balik, sejumlah virus yang bikin repot sepanjang 2009 dan Ancaman internet yang siap menerjang di Tahun 2010, maka supaya website atau blog kita aman dari serangan cracker, program-program jahat, virus atau malware, ini ada tips cara  mencegah atau mengatasi serangan malware pada website atau blog. Tips ini saya peroleh dari suport system tempat saya hosting blog ini yaitu idwebhost.com.
Malware (singkatan dari istilah Bahasa Inggris: malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi melalui script yang disisipkan secara tersembunyi oleh pembuatnya.

Menurut versi dari stopbadware.org malware bisa juga dikatakan sebagai badware, dengan definisi yang kurang lebih sama seperti di atas.
Badware is malicious software that tracks your moves online and feeds that information back to shady marketing groups so that they can ambush you with targeted ads. If your every move online is checked by a pop-up ad, it’s highly likely that you, like 59 million Americans, have spyware or other malicious badware on your computer.(Stopbadware.org)
Stopbadware.org adalah suatu organisasi non-profit yang melawan badware/malware, misi mereka membantu pengguna internet untuk mendapatkan hasil download yang bersih. StopBadware.org juga akan membantu anda jika website anda terkena Label Badware/Malware dari google, seperti yang dikatakan dalam website mereka “kami memiliki orang di google, sehingga akan mempermudah proses pembersihan Label Badware/Malware yang di berikan Google ke pada website anda”.
Google sebagai search engine terbesar di dunia ingin memberikan hasil pencarian yang bersih dan aman kepada para pengguna internet baik itu dari sisi website maupun seo, Khusus untuk yang dari sisi website, google selain melakukan crawl dia juga melakukan scaning terhadap suatu situs apakah situs tersebut mengandung script yang termasuk kedalam kategori malware/badware atau tidak.
Apabila web tersebut mengandung script malware/badware maka google akan menampilkan informasi bahwa web tersebut terinfeksi malware/badware.
Dalam kegiatan tersebut Google bekerjasama dengan stopbadware.org untuk memberikan informasi kepada:
Administrator (suspect website) biasanya google akan mendapatkan email yang dikirimkan ke account :
* sangat dianjurkan untuk membuat account email seperti contoh di atas sebagai antisipasi agar bisa menerima informasi yang di kirimkan oleh google, jika website anda terkena Label Malware.
Mereka juga menginformasikan kepada masyarakat umum (pengguna search engine Google ), bahwa website tersebut mengandung Malware, dengan menampilkan informasi seperti dibawah ini :
search malware
dan jika di klik akan muncul tampilan seperti inii :
search malware
PENYEBAB MALWARE :
Salah satu proses masuknya malware/badware ke dalam website anda bisa di sebabkan oleh adanya virus di komputer anda, disaat melakukan update website (upload file php atau html ) baik itu melalui FTP atau Browser maka virus akan meng-injeksikan beberapa script malware/badware ke dalam halaman website tanpa anda sadari sebelumnya, sehingga ketika google melakukan scaning dan menemukan script malware/badware ada di website anda maka google akan langsung memberikan Label Badware/Malware dalam SERP mereka.
CARA PENANGGULANGANNYA :
Untuk mengatasi/menghilangkan Label Badware/Malware dalam SERP Google, maka anda perlu melakukan beberapa hal, di antaranya:
  1. Melakukan pembersihan script malware/badware pada script website anda
  2. Meminta review pada pihak stopbadware.org
  3. Meminta review pihak Google
Khusus untuk poin yang ke 3. yaitu Meminta review pihak Google, caranya adalah
  • Anda harus memiliki account di google, bisa berupa account email di gmail.com.
  • Masuk ke http://google.com/webmasters/tools
  • Daftarkan website anda di google webmaster tools lalu lakukan verifikasi/verify. Anda harus membuat file html dari notepad, isinya cukup kosong saja, dan di save as semisal : googlefc91be7d5e697d70.html verifikasi tersebut masing-masing akan anda dapatkan setelah anda mendaftarkan website anda. File .html tersebut kemudian anda upload ke dalam directory website anda ( mis : public_html ) :
  • Setelah diupload kemudian ter verify silahkan masuk menu Overview dan klik link Review site
Dalam waktu 2 x 24 Jam, pihak stopbadware.org akan mereview website anda dan jika website anda memang sudah bersih dari malware/badware maka mereka akan menghubungi google, setelah itu Google akan melakukan review secara langsung. Setelah mereka menyatakan website anda benar-benar bersih maka Label Badware/Malware dalam SERP Google akan segera di hilangkan, lama proses penghapusan Label ini membutuhkan waktu 2×24 jam.
PENCEGAHAN :
Banyak para pemakai komputer telah menjadi korban virus, worm, trojan atau malware lain. Jika komputer Anda belum terinfeksi malware, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.
Tidak mengupload lagi file-file website yang telah terinfeksi malware
File-file yang telah terinfeksi malware, dan anda tidak melakukan permbersihan script, sebaiknya tidak di upload ulang, karena hal tersebut masih akan terdeksi virus dan website anda di blokir oleh google lagi.
Gunakan dan selalu update antivirus
Dengan adanya antivirus yang terupdate, malware baru dapat dikenali.
Semakin tahun berganti, Trojan dan variannya semakin berkembang dan semakin intens dalam penyebarannya. Karena itu sebaiknya Lengkapi PC/Laptop anda dengan update info-info terkini. Tidak perlu tahu terlalu mendetail, cukup mengenal secara general dan mengerti trend penyebaran.
Ubah password.
Malware mungkin sudah mengetahui password anda. Sebaiknya password diubah secara berkala. Password tersebut meliputi password akun windows, password e-mail, FTP, administrator website, Cpanel dan lain-lain.
Update peranti-peranti lunak.
Update peranti lunak, apalagi sistem operasi, akan menutup celah keamanan. Celah yang tadinya bisa digunakan malware untuk masuk bisa ditutupi. Pada saat ini kebanyakan sistem operasi, juga peranti lunak lain, telah menyediakan fasilitas update secara otomatis.
Install dan aktifkan firewall.
Firewall bisa mencegah serangan beberapa malware yang mencoba menyerang komputer Anda. Saat ini juga sudah banyaksistem operasi yang telah mengikutsertakan firewall. Aktifkan saja.
Melakukan Filter atas Informasi dan Data yang di terima
Dunia Internet yang amat luas memungkinkan informasi mengalir demikian cepat. Melompati batas – batas negara dan perundangan. Tapi, tidak semua informasi dan data dapat di percaya, gunakan selalu akal sehat, rasio dan pemikiran yang matang ketika melakukan justifikasi. Kumpulkan data sebanyak mungkin lalu bandingkan seobjektif mungkin. Matangkan dan netralkan kedewasaan berpikir.
Gunakan antispyware.
Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan perjalanan/penjelajahan internet dan umumnya bisa berupa virus.
Backup file.
Backup file ke media lain seperti CD, DVD atau hard disk eksternal sehingga data tak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.


2.  Cara Menyecan Virus
Trik-trik membersihkan Virus
Virus akan selalu menjadi momok selama kita masih punya komputer. Jadi kejadian ini pasti akan sering kita jumpai di sekitar kita. Menyambung dari tulisan ku yang terdahulu “Virus Lokal yang Nakal“. Setiap keluar virus jenis baru dengan karakteristik virus sedikit berbeda, pada awalnya pasti membikin heboh dan sempat gempar. lari kesana-sini untuk mencari penangkal virus tersebut.
Membersihkan virus dapat beresiko terhadap sistem operasi komputer kita bahkan sampai harus menginstal ulang komputer kita segala. Cara-cara menghilangkan virus dari komputer kita kadang berbeda antara satu virus dengan virus yang lainnya. Namun berikut ini akan saya berikan cara-cara membersihkan virus secara umum.
Prosedur membersihkan virus
  • Pastikan anda sudah memiliki backup data (walau terinfeksi virus) ini untuk menjaga-jaga bila proses pembersihan virus anda malah data anda ikut terhapus/ hilang. Dan pastikan anda sudah mempunyai emergency boot disk sistem anda.
  • Cari tahu virus apa yang menyerang komputer anda.
1.      Instal program anti virus jika di komputer anda belum terinstal antivirus. Cari antivirus yang menurut ada bagus dan manjur untuk jenis virus yang telah menyerang. (alangkah baiknya cari tau dan baca-baca tentang virus dan antivirusnya)
2.      Pastikan virus definition yang paling Up date. Cari di internet dari webs site pembuat anti virus tersebut.
3.      Usahakan setingan antivirus dalam mode hanya mendeteksi saja. Lebih baik jangan langsung menghapus file yang terinfeksi virus, kadang kala ada file system yang terinfeksi, dan file ini digunakan oleh OS untuk berjalan. Kalau file ini terhapus atau ter karantina bisa menyebakan sistem kacau atau malah tak jalan.
4.      Scan virus tapi jangan menghapus nya terlebih dahulu. Catatan: beberapa virus bisa menghentikan program anti virus yang sedang berjalan di komputer. Untuk kasus ini bisa diakali dengan men-scan komputer tersebut lewat jaringan, dengan cara share drive yang akan di scan. Cara yang terakhir adalah dengan melepas harddisk dan di pasang di komputer yang akan digunakan untuk men-scan-nya.
  • Pelajari virus yang menjangkiti komputer anda dan cara menghapus-nya. Banyak web site yang menyediakan informasi ini. Seperti Symantec security response site contoh yang menyediakan informasi tentang virus dan cara membersihkan suatu virus tertentu.
  • Hilangkan virus
1.      Beberapa virus memiliki tool removal tersendiri untuk membersihkan-nya. Jika virus tersebut memiliki tool removal tersendiri download dan gunakan tool tersebut.
2.      Jika tidak terdapat tool removal, pelajari dan lakukan cara pembersihan secara manual sesuai instruksi untuk jenis virus tersebut. Kamu mungkin harus menghapus secara manual file virus dan mengedit registry tertentu. Petunjuk penghapusan yang didapat dari sumber terpercaya akan menuntun kamu untuk melakukan step demi step untuk pembersihan virus tersebut.
3.      Jika ada petunjuk untuk menggunakan scanning dari program antivirus untuk membersihkan virus tertentu, kemudian lakukan dengan men-scan dengan konfigurasi untuk menghapus (delete atau karantina) virus tersebut.
Tak pernah mencoba maka tak akan pernah mengalami kegagalan, kegagalan awal dari keberhasilan. Betul gak.

Delapan Antivirus Terhebat di Dunia
Berikut ini adalah delapan antivirus paling ngetop dan tangguh di dunia, berdasarkan PC World
1. Kaspersky Anti Virus 6
• Download price when reviewed: $50 ($35 renewal)
• Malware detection rate: 96%
• Proactive detection: 51%
• System slowdown: 10%
• Ease of use: Superior
• False-positive detections: 6
Merupakan antivirus terefektif dalam memerangi malware, mudah digunakan namun sayang harganya lumayan mahal.
2. Symantec Norton AntiVirus 2007
• Download price when reviewed: $40 ($39 renewal)
• Malware detection rate: 96%
• Proactive detection: 49%
• System slowdown: 10%
• Ease of use: Superior
• False-positive detections: 3
Merupakan program yang solid bagus dalam deteksi dan pembersihan virus, namuan untuk renewal mahal
3. BitDefender Antivirus 10
• Download price when reviewed: $30 ($22 renewal)http://images.pcworld.com/reviews/graphics/products/2007/04.09.07/25806_92.jpg
• Malware detection rate: 96%
• Proactive detection: 61%
• System slowdown: 124%
• Ease of use: Superior
• False-positive detections: 14
Bagus dalam deteksi virus, lumayan murah, sayang berat di sistem, bisa menurunkan performa komputer
4. ESET NOD32
• Download price when reviewed: $39 ($27 renewal)http://images.pcworld.com/reviews/graphics/products/2007/04.09.07/25811_92.jpg
• Malware detection rate: 90%
• Proactive detection: 79%
• System slowdown: 5%
• Ease of use: Very Good
• False-positive detections: 6
No coment
5. Panda Antivirus 2007
• Download price when reviewed: $30 ($30 renewal)http://images.pcworld.com/reviews/graphics/products/2007/04.09.07/25809_92.jpg
• Malware detection rate: 90%
• Proactive detection: 56%
• System slowdown: 4%
• Ease of use: Very Good
• False-positive detections: 3
This competitively priced option provides good proactive protection, average overall malware detection, and a poor disinfection rate.
(Last Rated: April 23, 2007)
6. Alwil Avast 4 Antivirus Professional Edition
• Download price when reviewed: $40 ($28 renewal)http://images.pcworld.com/reviews/graphics/products/2007/04.09.07/25813_92.jpg
• Malware detection rate: 92%
• Proactive detection: 37%
• System slowdown: 4%
• Ease of use: Good
• False-positive detections: 5
This program has decent overall malware detection, but poor proactive protection and an awkward interface. It also lacks U.S. phone support.
(Last Rated: April 23, 2007)
7. Grisoft AVG 7.5 Anti-Virus Professional
• Download price when reviewed: $30 ($15 renewal)http://images.pcworld.com/reviews/graphics/products/2007/04.09.07/25812_92.jpg
• Malware detection rate: 91%
• Proactive detection: 34%
• System slowdown: 2%
• Ease of use: Good
• False-positive detections: 1
berkemampuan rata-rata untuk pendeteksian dan pembersihan virus
8. Trend Micro AntiVirus Plus AntiSpyware 2007
• Download price when reviewed: $40 ($40 renewal)http://images.pcworld.com/reviews/graphics/products/2007/04.09.07/25810_92.jpg
• Malware detection rate: 82%
• Proactive detection: 43%
• System slowdown: 9%
• Ease of use: Very Good
• False-positive detections: 0
jadi dari kesekian antivirus yang menduduki rangking pertama software antivirus adalah Kaspersky.

Virus Komputer Lokal yang nakal
Ada seorang yang menghadapi masalah dimana komputer miliknya dihinggapi sebuah virus, maklum os-nya masih buatan xxxxx (tau sendiri lah). Karena virus tersebut seluruh data miliknya terutama yang berakhiran doc dan xls berubah menjadi berextensi exe.
http://virusindonesia.com/wp-content/uploads/2007/05/kspoold1.png
Segala macam cara telah ditempuh untuk menyelamatkan data tersebut, bahkan yang lebih parah telah diinstal anti virus terhebat dengan update-an yang paling barau. Boro-boro datanya terselamatkan, malah terhapus secara permanet dari komputer. ini di lakukan olah antivirus terebut karena file itu sudah dianggap sebagai virus. Jadi hilanglah semua data tanpa terselamatkan satupun.
Itulah salah satu kasus yang sering kita jumpai di dunia nyata ini (he..he).
Sebenarnya sekarang banyak sekali virus yang menyebabkan dampak seperti tersebut. Baik virus lokal maupun virus import. Namun yang perlu kita soroti adalah virus-virus lokal, banyak sekali sudah bersedar jenis virus yang menyebabkan kerusakan seperti ini.
Untuk pencegahan memang bisa kita gunakan antivirus yang terkenal dengan rutin mengupdatenya. Namun kebanyakan antivirus yang terkenal (bilang aja antivirus import) habat dalam mendeteksi virus lokal ini, namun untuk mebersihkan dan mengembalikan data kita yang terkena tidak bisa, kebanyakan tindakanya adalah menghapus atau mengkarantina file terinfeksi virus tersebut, sehingga data kita tak terselamatkan
Namun jangan meremehkan program antivirus buatan lokal juga, ada antivirus buatan lokal yang bisa menyelesaikan permasalahan ini. Bisa mengembalikan file yang telah menjadi exe kedalam file aslinya (doc atau exel) tanpa catat sedikitpun. Salah satu contoh program antivirus lokal tersebuat adalah PCMAV (PCmedia Antivirus) keluaran PcMedia dan tersedia gratis lewat bawaan cd PcMedia. Antivirus ini bagus untuk membasmi virus lokal, dan akan selalu diupdate secara berkala. Bila menjumpai visrus yang belum dikenal, biasanya PCMedia menyediakan tool khusus yang berdirisendiri untuk membasmi virus tertentu sebelum dibundel dengan PCMAV, jadi mungkin rajin-rajin melihat berita terbaru dari situsnya. Atau juga bisa menggunakan yang lainya, lumayan bervariasi juga untuk program antivirus local yang ada dan bisa kita dapatkan.
Namun terlepas dari terserang virus atu tidak, sebaiknya kita menjaga atau mengantisipasi sebelum terkena virus. Berikut ini trik-trik supaya tidak sering berurusan dengan virus:
1. Pemakaian OS
Hindari atau usahakan tidak memakai OS yang rentan atau menjadi sasaran serangan virus. OS linux masih sedikit virus yang bisa menyerang. Namu jika masih terpaksa memakai windows lihat langkah selanjutnya.
2. Pemakaian Software Antivirus
Pakai software antivirus yang terpercara, dan lakukan update secara berkala. Semua program antivirus bagus asal selalu ter-update
3. Matikan Fasilitas Auto run pada drive/cd/flashdisk
Sumber terbesar pertukaran virus untuk saat ini adalah Flashdisk, usahakan auto run di disable, karena banyak virus yang memanfaatkan fasilitas ini untuk menyebarkan diri.
4. Biasakan membuaka file dari program aplikasinya
Banyak sering kita tertipu dengan penampilan icon file yang telah terinfeksi yang mirip dengan icon file dokumen kita, bila kita buka lewat windows explorer dengan klik ganda itu akan beresiko komputer kita terinfeksi juga, cara yang paling aman adalah dengan membudayakan membuka file doc kita, di buka setelah masuk MS-word, buka dengan prosedure file open (jangan pilih option all file), ini juga akan menampilkan file tersamar tadi, begiu juga untuk format file yang lainya, sesuakian denga program aplikasi pembuatnya.
5. Sering mem-backup data
Lakukan backup data seperlunya, hal ini untuk menghindarai hilangnya data kita jika ada masalah dengan komputer kita.
6. Jangan sembarangan membuka file dari email.
Email juga salah satu media penyebar virus, bila menerima file mencurigakan, harap hati-hati, kalau perlu tidak usah dibuka.
7. Apalagi yah
kayaknya masih banyak ya yang lainya, apalagi ya…sek tak pikir-pikir dulu. Untuk sementara ini dahulu. Atau ada yang mau nambahin, nanti saya masukan.


3. Cara Menangani Virus
Cara Mengatasi Virus Shortcut dan variannya di Folder Flashdisk, bukan sekedar mengatasi saja tapi tips ini bisa juga untuk mengembalikan data atau menghapus dan menghilangkan folder yang sudah berubah menjadi Shortcut yang penyebabnya tidak lain akibat dari ulah virus komputer yang dinamakan Virus Shortcut. Kabar baiknya bahwa antivirus Smadav 8.6 dapat membasmi dan juga membersihkan jenis virus shortcut dan all variannya yang bersembunyi di komputer sampai tuntas keakar-akarnya dan berita baiknya saya sudah mencobanya sendiri di laboratorium GoMe Computer.

Berikut hasil eksperimen yang  Saya lakukan:
Cara mengembalikan data di Flashdisk?, ada baiknya kita tahu dulu karakter virus ini. Virus Shortcut adalah virus jenis malware yang menginfeksi komputer dengan merubah folder menjadi icon shortcut di flashdisk dengan file-file sebagai berikut:

  • biacu.exe
  • biacux.exe
  • nuook.exe
  • nuookx.exe
  • poliy.exe
  • poliyx.exe
  • x.exe
File-file berekstension exe diatas bersembunyi di registry dan di document and setting pada windows Xp, Windows Vista, dan Windows 7 (Seven), Kemudian Virus tersebut merubah file dan folder pada flashdisk menjadi Shortcut dengan ekstensi lnk sedangkan di PC komputer atau notebook tidak terlihat efek kalau ada tanda-tanda terinfeksi virus ini. Setelah diamati virus ini menyerang perangkat eksternal drive atau extention storage seperti: Flasdisk, Free Agent, hardisk eksternal dan penyimpanan lainnya termasuk memory card dan sejenisnya melalui port USB.
Sebenarnya Shortcut-shortcut itu hanya tipuan saja sedangkan data di super hidden oleh virus varian ini. Mungkin kebetulan komputer client Saya itu terserang virus shortcut jenis ini sedangkan kalau ada virus shotcut jenis lainnya Saya belum pernah mengalaminya. Menurut khabar ada beberapa varian virus shortcut ini.
Tips Cara Mengatasi Virus Shortcut dengan Mudah
Khabar baiknya sekarang di antivirus Smadav 8.6, Antivirus Artav dan PCMAV sudah bisa mengatasi dan menghapus serta membasmi virus shortcut all varian semua jenis virus shortcut, bahkan bisa mengembalikan data yang di super hidden oleh virus ini. Silahkan Download Free Smadav Terbaru.

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri [1] dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Cara kerja
Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.
Jenis
Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:
  • Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus ponsel - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.
Cara mengatasi
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan Perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Cara mencegah virus computer
Beberapa anggota WikiMu ternyata pernah menjadi korban serangan virus komputer, worm, spyware, dan semacamnya. Terakhir komputer saya dijangkiti virus, itu lebih dari sepuluh tahun yang lalu di mana virus masih menyebar melalui floppy disk dan komputer lebih banyak dijalankan dengan floppy disk (bukan harddisk). Sejak menggunakan harddisk, saya tidak pernah ingat ada virus yang pernah mampir ke komputer saya. Jadi berbekal pengalaman ini, saya ingin membagikan 10 tips agar anda tidak menjadi salah satu korban.
1. Update Sistem Operasi
Bukan rahasia, Microsoft Windows merupakan system operasi yang paling banyak dijangkiti virus. Ini bukan berarti Windows lebih jelek dari pada sistem operasi yang lain, tapi semata-mata karena Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak dipergunakan orang. Bagi pembuat virus, ini sasaran empuk, karena tidak susah mencari target.
Microsoft belakangan semakin memperhatikan masalah ini. Terbukti dengan komitmen Microsoft untuk terus menambahkan fitur-fitur security sebagai patch atau upgrade versi. Tapi otomatis ini tidak akan menyelesaikan masalah bila anda tidak menginstall patch tersebut. Kalau anda terhubung ke Internet, anda bisa mengaktifkan fitur Live Update yang otomatis akan mengupdate sistem operasi anda secara berkala.
Bila anda tidak punya koneksi Internet, anda bisa mendapatkan kumpulan update/patch dari Microsoft yang biasanya disebut sebagai Service Pack. Kalau anda menggunakan Windows XP, sangat disarankan anda menginstall Service Pack yang kedua (Windows XP SP-2). Di dalamnya banyak sekali fitur security yang ditambahkan. Di antaranya firewall dan popup blocker untuk Internet Explorer.
Firefox Eats IE
2. Disiplin Saat Browsing Internet
Kalau anda sering connect ke Internet, sebaiknya jangan gunakan IE (Internet Explorer) versi 6 dan sebelumnya. Gunakan Mozilla Firefox atau Opera. Kalau terpaksa pakai IE, pakai versi 7. IE 6 dan sebelumnya dikenal memiliki banyak lobang dan celah keamanan. Microsoft termasuk cukup lambat dalam mengupdate browsernya, karena itu celah keamanan sering dibiarkan terbuka terlalu lama tanpa ditambal. Selain itu seperti alasan yang dikemukakan sebelumnya, karena IE merupakan browser yang paling banyak dipergunakan, para hacker juga suka bereksperimen dengan IE.
Hindari pula berkunjung ke situs-situs underground yang menawarkan barang bajakan atau pornografi. Situs-situs semacam itu banyak menyertakan virus dan spyware secara terselubung bersama program-program yang mereka berikan.
Jangan sembarangan download apalagi install program dari sumber yang tidak jelas. Bila anda butuh suatu program dan anda menemukannya di Internet, namun pembuatnya tidak cukup terkenal atau bonafide, konsultasikan dulu dengan teman anda yang lebih mengerti apakah program tersebut cukup aman untuk dipergunakan. Termasuk jangan suka install toolbar untuk IE, screen saver, dan program-program tidak jelas lainnya kalau anda tidak paham konsekuensinya.


4. Cara Menangani Virus Lokal
Dewasa ini perkembangan virus lokal telah menjadi masalah tersendiri bagi pelaku TI didalam negeri, dan telah banyak memakan korban. Biasanya program virus lokal memiliki ciri-ciri umum yang hampir sama yaitu menyamarkan dirinya dengan icon folder, menduplikasi diri secara massal ke flashdisk, dan mengaktifkan dirinya lebih dari satu process pada komputer yang menjadi korban, serta melakukan blokir terhadap beberapa fungsi system yang memiliki potensi untuk menghapus virus seperti task manager, cmd, registry editor dan beberapa antivirus.
Jika dilihat dari ciri-ciri tersebut, maka dengan mudah kita dapat mengetahui apakah system kita telah terinfeksi atau belum, misalnya tiba-tiba pada flashdisk bermunculan berbagai file exe dengan icon folder.
Berbagai teknik penanganan virus lokal telah direlease oleh situs ataupun majalah komputer (menggunakan tools seperti hijackthis, pexplorer, dll), dan tetap saja sulit diikuti (bahkan oleh pelaku IT yang sudah berpengalaman), karena virus lokal secara aktif akan mematikan fungsi system sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya (pada beberapa virus secara otomatis akan mengenali process program-program utility tersebut dan mematikan process program begitu tools tersebut diaktifkan).
Bagaimana solusi dengan Antivirus komersil ? Rasanya cukup membantu, tetapi untuk virus-virus yang sudah tersedia patternnya, bagaimana dengan virus baru ? Begitu system anda terinfeksi, dan program antivirus yang ada pasti tidak berkutik, karena virus secara aktif akan mematikan process antivirus, sehingga tidak memungkinkan kita untuk mengupdate program antivirus dengan definisi yang terbaru.
Apa yang harus saya lakukan jika system saya telah terinfeksi
Jika anda mengetahui system anda terinfeksi, merupakan awal dari solusi yang akan saya tawarkan, ikuti saja langkah berikut ini :
  1. Masukkan flashdisk anda
  2. Catat file-file yang bertambah, ataupun amati file-file apa saja yang memiliki icon folder tetapi memiliki extension exe (ada beberapa virus menggunakan icon MSWord dan ACDSee).
  3. Download file IndoprogMagicAv dari forum diskusi indoprog, dan unzip ke folder c:\indoprog
  4. Jalankan a.bat dari folder c:\indoprog
  5. Klik pada load pattern virus, dan buka file virus yang telah anda dapatkan pada langkah 2
  6. Klik pada scan.

Virus ataupun worm yang banyak beredar di Indonesia kebanyakan adalah buatan orang Indo sendiri. Dan kebanyakan jenis serangan yang dilakukan oleh macam-macam virus lokal hampir sama. Tujuan utama dari virus tersebut adalah menggangu (meski banyak juga yang merusak).Virus lokal sendiri kebanyakan mempunyai ciri ciri (*yang bisa di bilang umum) yaitu:* Men disable fungsi Run* Me-lock aplikasi Taskmanager* Me-lock aplikasi Regedit* Men disable fungsi Folder Option* Me-lock Service Manager* dan me lock fungsi fungsi windows yang lain yang berakibat mengganggu kinerja komputer kita.Sering sekali komputer di tempat saya bekerja mengalami gangguan karena serangan berbagai macam virus. Bahkan antivirus yang kami gunakan pun yang selalu terupdate setiap minggunya masih tidak dapat mencegah masuknya virus virus tersebut. Selain itu, karena kebanyakan pemakai komputer di kantor saya berkerja banyak yang tidak terlalu mengerti soal komputer (kebanyakan hanya bisa menulis di word dan main game solitaire.. :D). Ok.. lah tidak usah menjelaskan keadaan tempat saya bekerja. Langsung saja saya kasih tau tool tool yang biasa membantu saya dalam membersihkan virus virus yang menginfeksi komputer di kantor saya. Yang mungkin nanti nya tool ini juga bisa membantu anda membersihkan virus di komputer anda... :)Ini adalah tool tool yang saya gunakan untuk membantu saya membersihkan virus lokal yang telah menginfeksi komputer.1. Greg Command ShellDownloadGreg command shell adalah tool yang saya gunakan sebagai pengganti command prompt dari waindows, jika saya tidak bisa menggunakan command prompt dari windows karena aplikasi nya telah di lock oleh virus.2.
CurrProcessDownloadCurrProcess ini saya gunakan sebagai pengganti task manager windows. Karena kebanyakan virus lokal juga mendisable aplikasi task manager windows.3. RegAlyzerDownloadRegAlyzer ini di gunakan sebagai pengganti aplikasi regedit nya windows yang di lock sama virus.4. AutorunsDownloadTool Autorun ini, saya gunakan sebagai pengganti aplikasi service manager dan msconfig yang tidak5. RegmonDownloadRegmon adalah tool yang dapat di gunakan untuk memonitor perubahan pada registry windows anda secara realtime.6. Free CommanderDownloadFreeCommander saya gunakan juga sebagai pengganti windows explorer yang di disable sama virus.Tool tool diatas sampai saat ini sudah bisa membantu saya untuk menangani berbagai serangan virus lokal. Mungkin bisa juga membantu anda untuk mengatasi gangguan virus pada komputer anda.
 

5. Cara Menangani Virus Asing

Jika kita ketiban sial, ternyata worm terlanjur masuk dalam sistem komputer kita. Berikut ini beberapa saran penanggulangan yang mungkin dapat dipakai untuk menhapus atau memutus hidup worm.
· Mencari program anti virus
Cara tergampang melawan worm adalah dengan menggunakan program anti virus yang baru. Atau melakukan update database virus, yang umumnya disediakan oleh program anti virus yang kita pakai, secara berkala. Sehingga ia dapat mengenali keberadaan virus atau worm yang baru. Cara ini meskipun tidak efektif, tapi cukup membantu. Biasanya program anti virus terbaru pun kadang tidak dapat menangani worm lokal baru. Padahal setiap saat bermunculan worm-worm baru. Namun demikian, lebih baik memakai program anti virus daripada tidak sama sekali.

· Memakai MSCONFIG
Cara tradisional lainnya adalah memakai program msconfig untuk memeriksa sistem komputer anda. Terutama pada tab Startup, karena tab ini akan memuat info tentang program apa saja yang dijalankan saat booting awal dilakukan. Jika kita menemui nama masukkan baru atau aneh, itu wajib kita teliti.
Cara memanggilnya sudah tahu bukan? Klik Start, klik Run… pada saat kotak Run muncul, ketikkan msconfig dan tekan Enter. Jendela System Configuration Utility akan muncul. Pada jendela ini akan terdapat tab-tab, klik saja tab Startup.
Jika pada kolom Startup item muncul nama-nama baru, asing atau aneh, periksalah keabsahannya. Caranya? Perhatikan kolom Command. Disitu akan terdapat nama file yang dijalankan berikut lokasi path-nya. Kemudian kita pergi ke folder yang ditunjukkan oleh kolom Command tersebut. Untuk memeriksa keabsahannya file tersebut, klik kanan pada nama file tersebut. Suatu menu konteks akan muncul. Klik Properties, akan muncul jendela Properties, dengan beberapa tab seperti General, Version, Compatibility dan sebagainya. Kita klik tab Version karena tab ini memuat banyak informasi tentang file yang sedang kita pakai. Ada Company, File Version, Internal Name, Language, Legal Trademarks dan sebagainya. Klik pilihan-pilihan yang ada sesuai kebutuhan. Misalnya kita klik Company, seharusnya akan muncul informasi tentang Company pembuat program tersebut.
Dari hasil analisis masukkan value yang ada pada setiap item name, kita akan segera dapat mengetahui informasi data file yang kita periksa. Dari info ini biasanya akan segera ketahuan apakah file tersebut worm atau file asli.

· Memakai Regedit
Dengan regedit, program pengatur registry Windows, kita pun sebenarnya dapat mencegah atau memutus rantai hidup Worm. Karena worm umumnya akan memanfaatkan jasa registry dalam melakukan auto executer programnya. Bagian registry yang wajib kita periksa adalah pada:

HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionRun

HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionRunOnce

HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionRunOnceEx

HKEY_CURRENT_USERSOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionRun

Jika pada bagian ini kita menemukan nama value yang antik atau aneh, periksa dan matikanlah bila memang diinginkan. Worm biasanya akan memanfaatkan subkey Run, agar dirinya dapat selalu dijalankan saat sistem operasi Windows diaktifkan.

· Membuat program anti virus sendiri
Cara terafdhol dan aman dalam mengatasi worm adalah dengan membuat program anti virus sendiri. Terutama dalam menangani worm lokal. Dan ini berat! Tidak semua orang dapat melakukannya.

· Memakai program pemeriksaan proses
Seandainya dengan msconfig kita gagal dala melakukan penelitian dan pengambilan keputusan. Pergunakanlah Task Manager. Cara pengaktifan Task Manager dilakukan dengan menekan gabungan tombol Ctrl+Alt+Del. Jika kita tekan kombinasi tombol tersebut maka akan muncul jemdela Windows Task Manager. Ada beberapa tab, seperti Applications, Processes, Performance dan sebagainya. Anggap saja kita sedang meneliti proses yang ada, klik tab Processes. Akan terlihat bebrapa masukkan proses yang sedang aktif pada komputer. Jika terdapat suatu proses dengan nama aneh, periksa dan matikanlah dengan mengklik namanya dan mengklik tombol End Process. Proses tersebut akan dihentikan. Jika proses yang kita hentikan kebetulan adalah program proses worm, maka sama saja kita membunuh worm dari memory.
Untuk lebih gampangnya (namun kurang akurat) adalah dengan memeriksa tab Aplications. Jika kita klik tab ini, akan terlihat nama-nama aplikasi yang sedang dijalankan. Untuk mematikan aplikasi, klik nama aplikasi yang diinginkan dan klik tombol End Task. Aplikasi akan seger dimatikan oleh Windows.
Pada umumnya worm akan “mengamnkan” Task Manager, dengan cara memblokir pengaksesan via manipulsai registry sehingga program Task Manager tidak dapat dijalankan. Atau, worm akan memantau pemakaian program ini. Jika diketahui program ini aktif, maka akan segera dimatikan atau komputer akan di-booting ulang. Nah kalo sudah begini bagaimana? Jawabanya kita harus memakai program pihak ketiga. Program yang tidak standar windows. Sehingga worm tidak akan dapat memantaunya. Banyak sekali program bantu ini dipasaran. Dan jika anda mau yang gratisan, dapat anda cari di internet. Salah satu program yang menjadi favorites saya adalah Process Explorer-nya SysInternals.
Catatan: Setelah semuanya telah dilakukan dan worm-nya sudah kita putus siklus hidupnya jangan lupa kita check lagi file worm-nya dan jika ada kita Delete manual.

PENCEGAHAN
Memakai program anti virus terbaru
Tidak sembarangan memakai Flash Disk
Tidak sembarangan menjalankan program
Memakai Account biasa (Non-Administrator)


 6.Tutorial Maintenance Komputer Personal Computer (PC)
Dalam bekerja sehari-hari bersama komputer, kadang dengan berbagai sebab komputer mengalami kelambatan
atau bahkan kerusakan pada system komputer sehingga sangat mengganggu kinerja komputer itu sendiri
maupun karyawan atau pengguna komputer. Bila komputer mengalami kelambatan system kerja ada beberapa penyebab
yang perlu diwaspadai antara lain:
a. karena Virus.
b. Karena Perangkat hardware.
c. Perawatan System (software)yang kurang.
Untuk perawatan komputer dari serangan virus bisa diatasi dengan menginstal antivirus yang free ataupun yang berbayar
seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya “Anti Virus Komputer”. disana disediakan beberapa alamat website untuk
mendownloadnya.
Sedangkan untuk perangkat hardware, bagaimana cara perawatanya dan bagaimana tips-rips perawatan komputer sudah dijelaskan
pada artikel sebelumnya,lihat di”Tips Perawatan komputer”.
Pada artikel kali ini saya akan membahas “Tips perawatan system komputer”,disini yang perlu diperhatikan adalah
bagaimana bila hardware komputer sudah siap namun tetap perlu perawatan pada system atau softwarenya,disini kususnya
pada Systwm Windows XP atau Vista. Ada beberapa tips perawatan sytem seperti berikut ini:
1. Usahakan menggunakan software Windows XP atau Vista yang asli,bukan bajakan  karena yang asli bisa update selalu ke internet,
sehingga sewaktu waktu kebocoran pada system windows bisa ditutup dengan cara update langsung via internet.
2. Anti virus baik yang free atau bayaran sudah di install dan di update.
3. Bersihkan selalu sampah-sampah system komputer dengan program bantuan otomatis bukan manual, program ini kecil namun sangat bagus untuk merawat system, yaitu menghapus cokies internet,menghapus file-file bekas seperti bak-bak. dan paling penting bisa menghapus
sisa-sisa registry saat menginstall program baru.bisa juga untuk meng un-install program.
Progam ini adalah : Clean Registry
Setelah itu install di komputer dan klik 2x, pilih menu : Clean Registry,Unnecessary file,clear file,clear cokies,add/remove dll.
4.Setelah selesai kemudian Install program tambahan untuk mempercepat kecepatan hardisk dan memory, program
ini kecil juga namun dahsyat fungsinya, banyak menu pilihan antara lain:clean error,fix error,speed system,speed disk dll.
Program ini namanya :Speeditup . Bisa di download di http://www.speeditupfree.com/
Setelah di Install jalankan programnya dengan klik 2x dan pilih menu yang tersedia.
Dijamin komputer Anda 300% lebih cepat.


7.TUTORIAL MAINTENANCE LAPTOP
Sebagai aktifis intelektual,pekerja kantoran atau pelajar yang sering menggunakan laptop
menjadikan laptop sebagai barang yang sangat berguna sekali dan menjadi suatu alat ketergantungandalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas, namun laptop juga alat yang rentan terhadap bahaya kerusakan akibat cara penggunaan yang salah. Berikut ini adalah tips-tips dalam penggunaan dan perawatan laptopagar tetap awet dan tidak bermasalah.
Antara lain sebagai berikut:
1. Letakan laptop pada tempat yang mempunyai permukaan datar atau rata,permukaan yang tidak rata akanmengakibatkan posisi laptop miring dan saat menerima ketukan keyboard akan mengakibatkan goncangan padahardware didalamnya.Dan dampak dalam waktu lama akan membuat kerusakan.
2. Jauhkan dari air. biasanya sambil bekerja minum kopi atau minuman yang diletakan dimeja tempatmenaruh laptop, dampaknya pernah kejadian keyboard laptop tersiram kopi dan akibatnya fatal, terjadi konsletingdan harus ganti motherboard.
3. Jangan biasakan bekerja sambil menaruh laptop dipangkuan, dalam waktu lama radiasi laptop akan mengganggu kesehatan reproduksiselain tidak ada kestabilan letak laptop itu sendiri akibat goncangan.
4. Laptop memang diciptakan untuk mobile, tetapi goncangan saat membawanya atau bahkan pernah jatuh,akanberakibat pada kerusakan motherboad atau lcdnya sendiri.
5. Tas pelindung laptop dari bahan dasar gabus berbalut katun tipis yang halus bisa meredam panas saat dipakai kerja dalam waktu lama,daripadabersentuhan langsung pada meja.
6. Laptop di Indonesia umumnya sudah 220 volt, tetapi untuk laptop keluaran Jepang atau ex Jepang masih 110 volt,sediakan adaptor penurun tegangan.
7. Belilah laptop di toko terdekat di daerah Anda, sehingga bila ada masalah atau kerusakan akan gampang dan cepat mengurusnya.karena itu simpan baik-baik kartu garansinya.
8. Untuk kecepatan akselerasi laptop Anda, Installah program sesuai kebutuhan saja, sehingga bisa bisa menghemat memori dan hardisk anda.
9. Bila laptop Anda selalu berhubungan dengan internet, Anti virus menjadi suatu keharusan mutlak dan harus diupdate.
10.Istall Program perawatan untuk systemnya seperti Easy cleaner dari Toniart yang gratis, untuk menghapus file-file sampah dan sisa-sisa registrasi saat meninstall program atau uninstall program.
Semoga tips-tips diatas bisa membantu.
Good Luck!
*Agust Nasihin,Penulis aktif di blog dan http://id.shvoong.com/aff-5398E/ ,Meresensi buku gratis dan pemasangan review produk atau iklan di blog,bersama artikel-artikel lainya, Anda bisa bergabung di http://id.shvoong.com/aff-5398E/ atau berkunjung di http://goeswriting.wordpress.com 


8.TUTORIAL MAINTENANCE NOTEBOOK

Perawatan NoteBook
Perawatan secara berkala sangat diperlukan agar notebook bisa awet. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah : Agar casing notebook teman-teman tetap cemerlang sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus alat elektronik. caranya semprotkan cairan pembersih pada kain lap yang bersih dan lembut kemudian gosok secara perlahan.
Keyboard notebook bisa dibersihkan dengan kuas yang halus, berbeda dengan keyboard eksternal pada PC, keyboard notebook tidak bisa dibuka tersendiri. Jadi kalau ada bagian dalam yang kotor atau ketumpahan cairan lebih baik dibawa saja ke bengkel resmi notebook tersebut.

Monitor notebook tersebut selalu menggunakan LCD. Bagian belakang (casing) monitor LCD boleh dibersihkan dengan kain lap yang lembut dan lembab untuk layar gunakan kain lap seperti kain lap untuk pembersih kaca mata, sewaktu mengelap layar jangan terlalu ditekan. jika ada kotoran yang membandel dan terpaksa anda menggunakan cairan pembersih, maka semprotkan cairan pembersih ke lap yang lembut dan jangan sekali-kali menyemprotkan langsung ke layar LCD.

Selain dibersihkan, notebook juga harus diperlakukan dengan baik dan cermat. Caranya:
1. Jauhkan notebook dari sinar matahari langsung, sebaiknya jangan bekerja di dekat jendela dimana sinar matahari bisa langsung menerobos masuk.
2. Saat bekerja, jangan letakkan notebook di atas sofa atau kasur. Hal tersebut bisa menghambat aliran udara di bawah notebook dan mengakibatkan notebook cepat panas, bahkan overheating.
3. Jangan meletakkan benda berat di atas notebook.
4. Jika anda bekerja dengan adaptor, apalagi untuk waktu yang lama, sedapat mungkin cabutlah materai notebook.
5. Lakukan proses charging baterai dalam keadaan notebook mati.
6. Jika notebook hendak disimpan dalam waktu yang cukup lama, lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering.
7. Terakhir, terkait dengan merawat diri sendiri, jangan gunakan notebook sambil dipangku karena berpotensi menimbulkan cidera paha.

Merawat Peranti Lunak
Peranti lunak yang ditanam dalam notebook pun perlu dirawat caranya :
1.      Jangan lupa shutdown untuk mematikan computer
2.      Lakukan pemeriksaan file system secara berkala dengan perangkat-perangkat yang disediakan oleh sistem operasi. Contohnya Scandisk dan Disk Defragmenter pada sistem operasi Windows, atau fsck untuk sistem operasi linux.
3.      Pasang antivirus dan lakukan update virus definition-nya secara berkala untuk mencegah serangan virus baru.


9. Tutorial Maintenance Komputer Netbook

Beberapa langkah praktis dibawah ini barangkali bisa Anda coba untuk merawat notebook Anda.

1. Merawat casing notebook.
asing merupakan bagian notebook yang berhubungan secara langsung dengan dunia luar (debu, uap air, dCan suhu). Karena itu, secara teratur, bersihkan casing notebook Anda dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi sedikit deterjen. Sebaiknya, gunakan deterjen yang tidak mengandung zat alkalin. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan lap khusus yang bisa didapat di toko-toko komputer.
Juga, agar casing tampak selalu baru, hindari menggores casing dengan benda tajam atau menuangkan cairan seperti lem ke atasnya. Jika Anada hendak bepergian, masukkanlah selalu notebook Anda pada wadah/ tas yang telah disediakan.
2. Merawat Layar
Kebanyakan notebook menggunakan layar LCD (Liquid crystal display) atau layar kristal cair. Sperti tercermin dalam namanya, LCD dibentuk oleh cairan kristal untuk menghasilkan gambar. Karena tipis atau rapuh jagalah agar layar tidak terkena benda-benda tajam khususnya yang bisa menimbulkan lubang atau goresan. Jika harus menunjuk sesuatu pada layar denga jari atau pulpen, jagalah agar pulpen atau jari kita tidak mengenai layar atau menekannya terlalu keras. Untuk membersihkan layar, gunakan kain lembut yang kering. Ingatlah untuk tidak menekan layar terlalu keras saat membersihkan layar. Bersihkan layar dari satu arah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.
3. Merawat baterai
a. Saat mulai mengisi batere, jangan gunakan batere sebelum terisi penuh. Jika Anda menggunakan batere baru yang akan diisi pertama kali, batere itu mungkin tidak terisi sepenuhnya karena karakteristik bahan kimia di dalamnya. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, seluruh sel batere tersebut harus diaktifkan. Caranya adalah dengan mengisi dan mengosongkan sepenuhnya batere notebook Anda sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal ini juga berlaku untuk batere yang lama tersimpan atau tidak terpakai selama beerapa bulan.
b. Jika Anda menggunakan betere Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), cobalah untuk mengosongkan batere Anda sepenuhnya setiap beberapa waktu (minggu/bulan) sekali. Pengosongan total ini ditandai modus hibernasi atau indikator batere menunnjukkan tingkat 0%. Pada situasi ini, Anda bisa mencolokkan adapter notebook Anda dan mengisi batere sampai indikator menunjukkan tingkat 100%.
c. Jika berencana menyimpan notebook Anda dalam jangka waktu lama, lepaskan batere dari notebook dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Tempat yang bisa dipakai untuk menyimpan batere ini misalnya ruang berpendingin udara atau ruang dengan sirkulasi udara yang cukup baik.
4. Merawat notebook secara umum
Notebook tersusun dari aneka komponen elektronik yang kinerjanya dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang terlalu ekstrim (misalnya terlalu panas atau terlalu dingin) bisa mengganggu kinerja atau bahkan merusak notebook. Karena itu, jangan meninggalkan notebook Anda dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan dalam mobil bisa merusak komponen-komponen dalam notebook.
Selain itu, untuk melindungi data yang ada di dalam harddisk, jangan letakkan aneka perangkat yang mengandung atau menghasilkan medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook Anda, Perangkat-perangkat penghasil medan magnet ini misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook Anda.
Hal lain yang tidak kalah pentinnya adalah pertimbangan untuk tidak mematikan notebook saat lampu indikator harddisk masih berkedip-kedip. Jika lampu masih berkedip-kedip semacam ini, artinya harddisk Anda sedang melakukan aktivitas. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat notebook dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan apda kinerja harddisk. Pastikan bahwa lampu indikator harddisk telah mati dan harddisk Anda telah berhenti beraktivitas sebelum Anda mematikan notebook. Dan jika Anda hendak memindahkan atau memasukkan notebook ke dalam tas, pastikan bahwa notebook Anda sudah dimatikan.
Jika dirawat dengan seksama, kinerja notebook bisa tetap tinggi setelah bertahun-tahun. Ingatlah bahwa jika notebook kita tetap berjalan sempuna setelah sekian lama, kita sendirilah yang akan merasakan manfaatnya.
10.Tutorial Maintenance Komputer Jaringan (LAN)  

Berikut ini adalah ulasan singkat tentang standar umum penggunaan kabel jaringan agar berfungsi optimal dan sistem yang Anda bangun bisa berjalan seperti yang diharapkan. Ada beberapa hal mendasar yang perlu dicermati saat melakukan instalasi kabel UTP. Daftar ini tidak disusun dalam urutan tertentu dan tidak disusun berdasarkan urutan pentingnya.
Sebelum memulai instalasi kabel UTP, identifikasikan dulu standar kabel yang diperlukan. Pilih salah satu tipe ,T-568A atau T-568B. Kedua tipe kabel ini memiliki karakteristik yang hampir sama namun berbeda susunan pin dan penggunaannya. Jika Anda merasa perlu silakan simak juga ulasan lengkap tentang kabel UTP di sini.
Jika Anda bermaksud menambahkan koneksi pada jaringan yang sudah ada, pertama kali identifikasi standar apa yang telah digunakan dan ikuti standar tersebut.
·         Selalu bekerja dengan cermat dengan mengikuti standar kerja dan keselamatan.
·         Jangan campur tipe kabel T-568A dan T-568B dalam proyek atau jaringan yang sama.
·         Jangan menekuk, menghimpit atau menggulung kabel UTP dengan paksa.
·         Ikuti aturan spesifikasi radius minimal penggulungan kabel dari produsen.
·         Selalu rawat kabel dan konektor dengan baik.
·         Selalu gunakan perangkat yang tepat dan berkualitas saat melakukan krimping kabel kabel UTP.
·         Selalu jaga pasangan kawat tetap terpelintir dengan baik sedekat mungkin dengan ujung blok, jack atau konektor.
·         Jangan gunakan kabel, blok, atau konektor dengan kualitas yang lebih rendah dari kualitas yang disyaratkan untuk sistem.
·         Jangan menempatkan kabel UTP dekat kabel power, lampu neon atau sumber gangguan listrik.
·         Selalu gunakan topologi “star” atau “end-run” dengan mendesain masing-masing titik akhir terhubung kembali ke titik pusat, blok, switch, router, atau lainnya.
·         Jangan pernah membuat “daisy-chain” dengan menghubungkan kabel UTP lebih dari satu titik akhir dalam satu kabel.
·         Jangan menarik kabel UTP dengan menggunakan kekerasan. Lepas dengan tepat konektor/jack sebelum melepas kabel dari switch, blok atau slot konektor.
·         Jangan tarik kabel UTP dengan paksa sehingga mengendurkan atau bahkan lepas dari konektor.
Semoga dengan tips singkat ini jaringan Anda tetap aman dan terjaga..


11. Tutorial Maintenance Printer

Langkah – langkah yang harus dilakukan sewaktu melakukan perawatan printer adalah sebagai berikut :
1. Buka casing printer kemudian bersihkan debu yang ada dengan kain lap yang telah disediakan sebelumnya.
2. Setelah bersih cek kondisi bearing pada printer bila dirasa kurang kencang segera kencangkan.
3. Sesudah itu bersihkan head printer dengan kapas yang telah dibasahkan cairan pembersih printer. Kemudian operasikan printer tersebut dan lakukan cek pada kondisi head dengan cara melakukan print test. Tempelkan hasil print test tersebut pada form yang telah tersedia.
4. Pada menu printer lakukan cek setting “Darkness” printer tersebut dan catat pada form yang telah tersedia..
5. Lakukan testing dengan menggunakan program label untuk menguji proses berjalannya printer. Bila sudah lancar selesai sudah perawatan printer tersebut.


12. Tutorial Maintenance Monitor
Lagi-lagi dibuat jengkel karena monitor komputer Anda bermasalah? Bagaimana bisa mengoperasikan komputer jika tanpa monitor, bukankah hal itu sama saja dengan mengoperasikan komputer dengan memejamkan mata
Nah, agar Anda tidak mengalami hal tersebut sebaiknya Anda pandai-pandai merawat monitor komputer dengan tips yang pas! Inilah tips komputer untuk merawat monitor :
  1. Gunakanlah penstabil tegangan listrik untuk monitor PC Anda (Stavolt), saran saya pakailah stavolt motor. Harganya memang lebih mahal, tapi kualitasnya lebih bagus daripada stavolt biasa.
  2. Matikanlah monitor Anda setelah dipakai, jangan meninggalkan monitor dalam posisi standby. Selain lebih ramah lingkungan juga agar power suppy monitor lebih awet.
  3. Letakkan posisi monitor aman di atas meja komputer, jangan meletakkan monitor terlalu di pinggir. Anda tidak mau kan monitor Anda hancur karna jatuh?
  4. Jika monitor Anda harus hidup 24 jam sehari, pastikan ruangan kerja Anda ber-AC (Tapi pakai AC yang ramah lingkungan lho hehehe)
  5. Atur screen saver komputer agar muncul 15 menit jika komputer tidak digunakan selama itu agar monitor lebih awet.
  6. Bersihkan layar monitor PC Anda menggunakan kain halus dan alkohol setiap 1 bulan sekali.
  7. Jika Anda menggunakan LCD monitor, seperti pada netbook atau laptop gunakanlah LCD cleaner untuk membersihkannya dari debu
Sip! Sekarang Anda sudah mengetahui tips komputer untuk merawat monitor.
Demikianlah Tips Trik Komputer tentang Cara Merawat Monitor semoga membantu Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga menjadikan belajar komputer online kita bermanfaat.


13.Tutorial Maintenance Keyboard

Keyboard merupakan salah satu komponen yang melengkapi komputer. Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di depan komputer, menggunakan keyboard yang benar-benar nyaman dipakai adalah hal yang penting diperhatikan agar jari-jari dan pergelangan tangan Anda tidak sakit dan tegang.
Bagaimana memilih keyboard yang baik dan nyaman dipakai? Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan.
1.         Pilih keyboard yang ergonomis.
Bagi yang sering berinteraksi dengan komputer, disarankan untuk memilih keyboard yang ekonomis. Seperti dilansir monstersandcritics.com, Stefan Willecke dari majalah PC-Welt mengungkapkan, keyboard yang ergonomis akan membantu mengurangi ketegangan pada pergelangan tangan Anda. Perhatikan juga kenyamanan dan kemudahan menekan tombol keyboardnya.
Keyboard ergonomis biasanya berbentuk datar dan umumnya dibagi dalam dua segmen. Terkadang juga terdapat track ball yang bisa digunakan sebagai mouse. Semua fasilitas ini dihadirkan guna menghindari pengguna meletakkan tangannya dalam posisi yang salah, yang akan berakibat pada sakit yang berkepanjangan.
2.         Warna keyboard juga berpengaruh pada penglihatan.
Ergonomis tidak hanya terbatas pada bentuk dan disain saja. Warna juga menjadi salah satu unsur penting ergonomis. Hindari warna yang kontras, karena warna-warna seperti itu tidak termasuk dalam kategori ergonomis. Pilih warna keyboard yang tidak ’sakit’ dipandang mata. Umumnya hitam dan perak menjadi warna pilihan banyak konsumen.
3.         Pertimbangkan fungsi ekstra yang disertakan pada keyboard.
Fungsi-fungsi ekstra tersebut akan mempermudah kerja Anda selagi bergulat dengan komputer. Beberapa keyboard yang mahal bahkan ada yang dilengkapi tombol untuk memunculkan program kalkulator saku Windows. Ada juga keyboard yang memungkinkan pengguna memberi fungsi pada tombol tambahan. Artinya, seluruh aktifitas yang sudah dilakukan bisa dipanggil kembali hanya dengan menekan sebuah tombol di keyboard.
4.         Bagi pengguna yang menginginkan keamanan pada komputernya, bisa dimulai dari keyboard. Pasalnya, saat ini sudah tersedia keyboard yang bisa mendeteksi sidik jari. Sidik jari inilah yang menentukan apakah seseorang bisa menggunakan keyboard tersebut atau tidak.
5.         Pilihlah keyboard dengan port USB.
Fasilitas ini akan memudahkan Anda yang senang bergelut dengan pemutar MP3 atau kamera digital.
6.         Sesuaikan harga keyboard dengan kantong Anda.
Soal harga? Pastinya ada banyak variasi harga keyboard mulai dari US$ 10 untuk keyboard biasa hingga US$ 300 untuk keyboard yang dilengkapi dengan 3 port USB. Sementara itu keyboard ergonomis tersedia dengan harga sekitar US$ 40. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas kantong Anda sesaat akan membeli keyboard.
7.         Rawat keyboard dengan cara rajin membersihkannya.
Barang mahal sekalipun, jika tidak dirawat lama kelamaan akan rusak. Gunakan kuas untuk membersihkan sela-sela tombol keyboard. Dan tentu saja, jangan makan atau minum di dekatnya karena bisa saja tanpa sengaja Anda menumpahkan makanan atau minuman pada keyboard.


14. Tutorial Maintenance Flashdisk
Jangan dikira Flash Disk tidak membutuhkan perawatan, agar dapat bekerja secara optimal Flash Disk harus dirawat dengan baik, nih... aku berikan cara perawatan Flash Disk.
  1. Jangan diletakkan dekat benda yang punya medan magnet kuat
  2. Scan virus secara berkala dengan software Anti Virus
  3. Lakukan proses eject/stop sebelum mencabut Flash Disk dari port USB
  4. Jangan diletakkan di tempat yang panas
  5. Hindari benturan yang keras
  6. Tutuplah bagian sochet Flash Disk jika tidak sedang dipergunakan. Karna, sochet yang kotor dapat berakibat proses baca tulis sering gagal.
Semoga berguna.... Terima Kasih 

15. Tutorial Maintenance CD VCD : -

16. Tutorial Maintenance CD DVD
Banyak orang yang hobi mengoleksi CD atau DVD tapi tak tahu gimana harus merawatnya. Tak jarang, keping ajaib itu hanya berserakan di kamar saja. Padahal untuk bisa tetep awet, kedua benda itu membutuhkan perlakuan istimewa lho. Ingin tahu perlakuan istimewanya? Simak aja tips berikut1. Jaga 'Kesehatan' CD or DVDPerawatan CD/DVD yang baik biasanya bisa dibaca pada petunjuk setiap kita membeli keping CD/DVD. Perawatan dasar untuk CD/DVD adalah tidak memegang CD/DVD pada permukaannya, tapi peganglah lubang di tengahnya, tidak mencuci CD/DVD dengan air dan sabun biasa, tidak menulisi label dengan alat tulis berujung runcing, dan selalu menempatkan CD/DVD dalam suhu antara -5 - 55 derajat celcius.2.Tempat CD/DVDTempat memang perlu banget untuk menjaga koleksi kamu tetap bersih. Selain itu, tempat CD/VCD juga dapat menghindarkannya dari resiko tergores. Udah diketahui bahwa CD/DVD yang tergores dapat mengurangi kualitasnya. Kalau tergoresnya hanya sedikit mungkin nggak terlalu berpengaruh, tapi kalau goresan tersebut makin banyak dan parah bisa-bisa CD ROM atau player nggak bisa lagi membaca data yang tersimpan di dalamnya. Kalau sudah begitu, artinya CD/DVD kamu rusak. Nah nggak mau kan?3. Jauhkan dari Sinar MatahariJauhkan koleksi CD/DVD kamu dari sinar matahari langsung. Kenapa? Karena sinar matahari yang mengenai CD/DVD secara langsung bisa menghilangkan data yang kamu simpan lho.4. Bersihkan Secara BerkalaMembersihkan CD/DVD secara berkala sudah menjadi hal wajib. Kalau cuma berdebu, kamu bisa membersihkannya dengan 'blower', itu tuh alat yang biasa digunakan untuk ngebersihin lensa kamera. Kalau nggak punya, kamu bisa membersihkan menggunakan kain lembut, usapkan secara perlahan dari dalam ke arah luar. Jika sempat, beli juga cairan yang biasa dijual umum untuk membersihkan koleksimu. Tapi yang perlu diingat adalah jangan pernah membersihkan CD/DVD dengan gerakan memutar.5. CD/DVD HolderKalau tempat CD/DVD bisa mengindarkan kemungkinan tergores, nah rak yang satu ini dapat membantumu dalam penyimpanan CD/DVD. Selain koleksimu dapat terlihat rapi, CD Holder juga bisa memudahkanmu mencari CD/DVD yang ingin kamu putar.Nggak kebayang kan gimana susahnya mencari CD/DVD yang kamu inginkan kalau koleksi hanya berserakan di kamar?Berikut sejumlah jenis kejahatan via internetCARDINGCarding adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet. Sebutan pelakunya adalah Carder. Sebutan lain untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfroud alias penipuan di dunia maya.Menurut riset Clear Commerce Inc, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Texas – AS , Indonesia memiliki carder terbanyak kedua di dunia setelah Ukrania.Sebanyak 20 persen transaksi melalui internet dari Indonesia adalah hasil carding.Akibatnya, banyak situs belanja online yang memblokir IP atau internet protocol (alamat komputer internet) asal Indonesia.Kalau kita belanja online, formulir pembelian online shop tidak mencantumkan nama negara Indonesia. Artinya konsumen Indonesia tidak diperbolehkan belanja di situs itu.Menurut pengamatan ICT Watch, lembaga yang mengamati dunia internet di Indonesia, para carder kini beroperasi semakin jauh, dengan melakukan penipuan melalui ruang-ruang chatting di mIRC. Caranya para carder menawarkan barang-barang seolah-olah hasil carding-nya dengan harga murah di channel. Misalnya, laptop dijual seharga Rp 1.000.000. Setelah ada yang berminat, carder meminta pembeli mengirim uang ke rekeningnya. Uang didapat, tapi barang tak pernah dikirimkan.HACKINGHacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya.Hacker memiliki wajah ganda; ada yang budiman ada yang pencoleng.Hacker Budiman memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos, akan adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat, sehingga bisa “bocor”, agar segera diperbaiki. Sedangkan, hacker pencoleng, menerobos program orang lain untuk merusak dan mencuri datanya.CRACKINGCracking adalah hacking untuk tujuan jahat. Sebutan untuk cracker adalah hacker bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda dengan carder yang hanya mengintip kartu kredit, cracker mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk keuntungan diri sendiri.Meski sama-sama menerobos keamanan komputer orang lain, hacker lebih fokus pada prosesnya. Sedangkan cracker lebih fokus untuk menikmati hasilnya.Pekan lalu, FBI bekerja sama dengan polisi Belanda dan polisi Australia menangkap seorang cracker remaja yang telah menerobos 50 ribu komputer dan mengintip 1,3 juta rekening berbagai bank di dunia. Dengan aksinya, cracker bernama Owen Thor Walker itu telah meraup uang sebanyak Rp1,8 triliun. Cracker 18 tahun yang masih duduk di bangku SMA itu tertangkap setelah aktivitas kriminalnya di dunia maya diselidiki sejak 2006.DEFACINGDefacing adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain, seperti yang terjadi pada situs Menkominfo dan Partai Golkar, BI baru-baru ini dan situs KPU saat pemilu 2004 lalu. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain.PHISINGPhising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (tser) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface.Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.SPAMMINGSpamming adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias “sampah”. Meski demikian, banyak yang terkena dan menjadi korbannya. Yang paling banyak adalah pengiriman e-mail dapat hadiah, lotere, atau orang yang mengaku punya rekening di bank di Afrika atau Timur Tengah, minta bantuan netters untuk mencairkan, dengan janji bagi hasil.Kemudian korban diminta nomor rekeningnya, dan mengirim uang/dana sebagai pemancing, tentunya dalam mata uang dolar AS, dan belakangan tak ada kabarnya lagi. Seorang rektor universitas swasta di Indonesia pernah diberitakan tertipu hingga Rp1 miliar dalam karena spaming seperti ini.MALWAREMalware adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system. Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu: virus, worm, trojan horse, adware, browser hijacker, dll. Di pasaran alat-alat komputer dan toko perangkat lunak (software) memang telah tersedia antispam dan anti virus, dan anti malware .Meski demikian, bagi yang tak waspadai selalu ada yang kena. Karena pembuat virus dan malware umumnya terus kreatif dan produktif dalam membuat program untuk mengerjai korban-korbannya.


17. Tutorial Maintenance Mother Board (MOBO)
Motherboard anda bermasalah..???? Berikut ini beberapa TUTORIAL SERVICE MOTHERBOARD KOMPUTER sesuai dengan gejala kerusakannya :

                                                    

 MATOT alias (Mati Total)
Coba Periksa power supply: Posisi kabel power di lepas dari power supply, lepaskan socket kabel Atx1 yang terpasang pada Mainboard.  Setelah terlepas, pasangkan kembali kabel power, sambungkan/shortkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam, periksa apakah kipas di power  supply berputar? Kalau berputar berarti power supply masih bagus.  Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel Atx1 ke motherboard. Periksa Jumper Clear CMOS, apakah di posisi Clear atau Free, biasanya kalau motherboard baru, posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear. Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On, apakah panasnya berlebih atau tidak, over heat berarti Chipset  tersebut sudah rusak. Untuk part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas.Periksa juga apakah switch on nya berfungsi. Bongkar Motherboard tersebut secara hati-hati, coba anda bersihkan pakai tiner, kalau bisa
gunakan tiner botol jangan yang di kaleng. Setelah bersih anda keringkan. Ganti IC regulator yang terletak disekitar soket Power Atx di motherboard. Ganti Elko yang kapasitasnya 1000 s/d 3300 uf / 10 Volt yang terletak disekitar soket power Atx di motherboard. Hati-hati ketika membongkar pasang komponen pastikan kabel power tidak tersambung ke listrik.

MOTHERBOARD NYALA TAPI TIADA GAMBAR DILAYAR
Coba anda simak dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. Kalau ada coba cek berapa kali bunyi bipnya (lihat panduannya DISINI), kerusakan biasanya ada di processor, memory dan VGA. Periksa Processor, coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti, tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak. Periksa memory, biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker  sebanyak 3 kali. Dalam keadaan mati, cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak. Periksa VGA Card, cabut VGA Card, dalam keadaan mati / off coba anda tekan, ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. Jika VGA card menggunakan kipas, bersihkan kipas tersebut. Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala, untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU, coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU. Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer, saya selalu membersihkannya dari debu, apakah itu motherboard, memory, cdrom, floppy disk, dll, karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru.


18. Tutorial Maintenance Harddisk

PERAWATAN DASAR
Yang paling mudah dilakukan adalah
menjaga harddisk Anda sekosong mungkin (maksudnya tidak perlu
menginstal program/game yang jarang Anda gunakan). Jika isi harddisk Anda tidak banyak, maka harddisk Anda tidak akan menghabiskan waktu lama untuk mencari data yang Anda butuhkan.
Setidaknya, sebulansekali Anda perlu memeriksa program program Anda dan putuskan program aplikasi atau game apa yang tidak begitu diperlukan. Jika Anda menemukannya, hapus saja dari harddisk. Jika program tersebut memiliki pilihan untuk menghapus dirinya sendiri (uninstall), gunakan saja fitur itu. Biasanya program Windows 9x atau aplikasi-aplikasi Macintosh memiliki uninstall-nya. Jika Anda yakin akan menghapus sendiri program tersebut, atau tidak tersedia program uninstall-nya, pastikan bahwa
Anda tidak menghapus file-file yang penting secara manual.Gunakan
uninstall yang disediakan oleh sistem operasi. Ini pula alasan
yang mendasari mengapa sebuah struktur direktori yang terorganisasi dengan rapi sangat penting. Pisahkan file penting Anda dengan data lain dan file milik sistem operasi di tempat yang berbeda. Anda akan terhindar dari penghapusan filefile penting secara tidak sengaja, terutama file sistem operasi dan data Anda.

REBUILD, REPAIR, REBOOT
Pada suatu saat, penghapusan file-file yang tidak perlu mungkin tidak lagi memadai. Sebenarnya, semakin banyak Anda menghapus dan menambah file, harddisk Anda akan semakin terfragmentasi. Jika hal ini Anda biarkan, hal-hal buruk bisa saja terjadi pada harddisk tersebut. Harddisk Anda akan mulai berjalan dengan lamban, dan pada saatnya meskipun waktunya relatif cukup lama- harddisk tersebut bisa merusak dirinya sendiri. Untungnya, Anda bias mencegah hal tersebut dengan melakukan langkah-langkah
sederhana. Para pengguna Macintosh harus membeli program-program tertentu untuk mengoptimalkan kinerja seperti Norton
Utilities dan lain-lain, sedangkan pemilik PC bisa mendapatkan program utility tersebut secara gratis dari sistem operasi Windows. Tentu saja programprogram tersebut bukan merupakan aplikasi khusus seperti Norton Utilities, tetapi program ini cukup untuk mengoptimalkan secara standar. Jika harddisk Anda terfragmentasi, cara yang sederhana untuk mengatasinya adalah dengan mendefragmentasi harddisk tersebut. Itulah alasannya
program seperti Defrag dan Scandisk bisa Anda dapatkan secara gratis pada Windows, untuk membantu mengoptimalkan harddisk Anda. Defrag memeriksa harddisk Anda, mencari file-file apa yang tidak pada tempatnya, dan juga memindahkan file-file lain sesuai dengan urutannya. Scandisk memeriksa harddisk dan mencari kemungkinan adanya error, dan biasanya membetulkannya secara otomatis. Kadang-kadang, sebuah program tidak terhapus sepenuhnya dan Scandisk cukup pintar untuk menolong Anda mengembalikan bit-bit yang hilang pada harddisk yang
mungkin tidak bisa Anda gunakan sambil membetulkan error-error yang lain. Anda harus menjalankan kedua program ini secara rutin. Bagi pemilik Macintosh, jika belum memiliki Norton Utilities, cepetan beli! Tidak ada aplikasi khusus pada sistem operasi Macintosh untuk
mengoptimalisasi harddisk. Pada Norton Utilities, program untuk
merapikan harddisk adalah SpeedDisk, sedangkan untuk memeriksa atau memperbaiki error adalah Norton Disk Doctor. Bahkan Norton Disk Doctor ini mampu mencegah bertambahnya bad sector pada harddisk Anda. Sama seperti pemilik PC, pengguna Macintosh sebaiknya merapikan harddisk secara rutin minimal sebulan sekali.

SHUT DOWN DENGAN BENAR
Hal yang juga sangat penting bagi pemilik computer dengan sistem operasi Windows 9x ke atas atau Macintosh adalah tidak sembarangan mematikan komputer! Pada sistem operasi tersebut, terdapat cara untuk mematikan komputer dengan benar (properly shut down). Jika mematikan computer tidak dilakukan dengan cara yang benar, risikonya Anda akan kehilangan data-data penting, atau file-file yang disimpan akan menjadi rusak. Kemungkinan lain, komputer tersebut tidak akan bekerja karena harddisknya rusak atau muncul bad sector. Ini berbahaya, Bung! Jadi, gunakanlah perintah shut down tersebut. Jangan menjadi tidak sabaran.
Waktu yang Anda keluarkan untuk menunggu komputer tersebut untuk benar-benar mati tidak sebanding dengan waktu yang akan Anda keluarkan jika terjadi masalah pada computer Anda. Belum lagi dana yang Anda harus keluarkan kalau terjadi kerusakan fisik pada harddisk kesayangan Anda.


19. Tutorial Maintenance Memory
 Memory atau yang kita kenal RAM adalah salah satu perangkat keras(Hardware yang sangat Fital dalam CPU, maka itu ini salah satu tips dan pengalaman saya tentang menangani memory PC (DDR1,2,3) yang sudah anda anggap mati (asal tidak mengalami kerusakan fisik yang parah ,misalnya terbakar atau hancur/patah), karena biasanya menurut yang saya lihat bila memory sudah di nyatakan mati oleh pemilik PC atau oleh teknisi Computer maka biasanya langsung saja di ganti dengan membeli memory yang baru, 
padahal masih ada kemungkinan memory tersebut di bikin hidup atau berfungsi lagi.
Berikut ini saya punya tips untuk menangani memory yang sudah di anggap mati tersebut berdasarkan pengalaman selama menggeluti dunia hardware , dengan akurasi dia atas 70 %, jadi misalnya anda memiliki 10 keping memory mati maka ada kemungkinan 7 keping masih bisa di selamatkan…cukup lumayan kan.? kita bisa menghemat uang beberapa ratus ribu utntuk perkepingnya.
Bersihkan memory tersebut dengan cara menggosok pin-pin memory tersebut dengan kain dengan tujuan membersihkan, boleh juga di beri Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu, dan gesekan dengan kain tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif.
Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100K…
Ambil jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) gesekan pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC atau lebih misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
Selesai….silahkan coba pasang memory tersebut pada slotnya di Mainboard….!
NOTE 
Proses ini adalah memanfaatkan aliran arus listrik dari baterey Avometer yang di alirkan ke dalam sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory . Cara kerja proses ini adalah seperti halnya proses Clear CMOS pada Mainboard apabila Mainboard mengalami crash dan tidak mau hidup, yaitu terjadinya gangguan atau penyumbatan pada perjalanan arus listrik sehingga arus yang di
perlukan untuk untuk pengaktifan suatu system tidak terpenuhi….atau seperti ilustrasi orang yang pingsan atau koma lalu kita coba bangunkan dengan cara di pancing syaraf-syarafnya untuk aktif dan sadar dengan cara di siram air, di setrum..dsb.


 20. Tutorial Maintenance CD ROM Jenis Read Only dan RW.

Nah, supaya Compact Disc(CD) anda tidak tergores seperti gambar tersebut. Penulis akan menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD-RW anda yakni :

1. Backup seluruh data dalam CD yang masih terbaca dengan baik ke harddisk sebelum dipoles.
2. Bersihkan optik CDROM dengan cd dan cairan pembersihnya jika diperlukan.
3. Saat memoles cd tidak menekan kain poles secara berlebihan.
4. Hindari memoles pada 1 lokasi, poles seluruh permukaan cd secara merata, agar tidak terbentuk cekungan.
5. Usahakan permukaan yang dipoles selalu basah oleh bahan poles, lakukan secara intermittent (sebentar-sebentar) dengan maksud bahan tidak menguap karena panas dari gesekan antara kain poles dengan permukaan CD.
6. Setelah goresan berkurang coba copy data-data yang tidak terbaca tadi ke hardisk.
7. Setelah semua data-data terselamatkan, cek data-data tersebut dari file corrupt dengan membuka data-data tersebut. Bila OK,segera Backup ke cd yang baru.
8. CD yang sudah dipoles jangan dibiarkan terlalu lama tidak dibackup, karena permukaan cd semakin tipis dan lebih mudah berjamur, atau bila tergores-gores lagi, kecil kemungkinan data akan terselamatkan.

SELAMAT MENCOBA... Dikutip dari TEKNOLOGINET 


 21. Tutorial Maintenace DVD ROM Jenis Read Olnly dan RW.
sekedar pngetahuan ,,
ane share aja k sobat" blogger,, heheh, , ,

terkadangkita asik memakai dvd rw,,baik itu untuk copy disc,,burn ,,maupun convert ,,
tapi kita juga harus inget juga pada optiknya,,,
kasian optiknya dipaksa kerja trus,,
shingga banyak diantara kita yg optik DVD nya mulai melemah,,,
supaya tidak terulang lagi,,,ane kasi tau tips merawat DVD RW

Alat – alat yang dibutuhkan adalah :
-CD lens cleaner
ANGKAH PEMBERSIHAN

Optical drive sangat rawan terkena debu. Dikarenakan dapat menyebabkan lambatnya suatu pembacaan CD / DVD yang dilakukan oleh Optical Drive.

Ada beberapa langkah bagaimana cara untuk merawat Optical Drive adalah sebagai berikut.

LANGKAH 1

Buka CD / DVD room anda, kemudian bersihkan bagian depan & tempat dudukan keping CD dengan menggunakan kain/pembersih lainnya.

LANGKAH 2

Ambil kepingan CD lens cleaner (banyak dijual kok) kemudian teteskan teteskan cairan pembersih pada sikat (busa) halus yang ada dipermukaan CD

LANGKAH 3

Masukan kepingan CD lens cleaner tersebut kedalam CD / DVD room anda, lalu jalankan CD dengan menggunakan multimedia player ( Windows Media Player) yang ada didalam PC anda. Dengan begitu Optical Drive anda sedang dibersihkan berbarengan dengan dibacanya file multimedia yang ada pada CD lens cleaner tersebut.
---------------------------
LANGKAH LANJUT
pastikan dalam mengoperasikannya lagi, CD/DVD yg akan diputar dalam kondisi bagus. jangan sentuh optical drive (optik) dengan benda selain pembersih.

LANGKAH BURN IDEAL
-pastikan burn speed dimana set default ke ukuran (CD=16-24x) (DVD=8-16x) dengan intensitas "istirahat" optical 5-10 menit per burn. sehari jangan dipaksakan jumlah CD/DVD di-burn terus-menerus.
-jika proses burn (video render) lebih baik anda save dulu FILE IMAGE ke image drive (HDD), sehingga sewaktu-waktu tinggal double klik tanpa harus menanti "menulis kembali" hasil render/encode ke CD/DVD.
-pastikan fan pendukung (cooler pad) tersedia, sebab suhu panas mempengaruhi kinerja.

lANGKAH DALAM MERAWAT DVD ROM

1. Perhatikan Warna Lapisan Pemantul
Agar CD dan DVD saat ditulis dan dibaca tidak mengalami masalah, Anda dianjurkan mencari CD/DVD yang lapisan pemantulnya berwarna silver (perak) atau agak keemasan. Anda jangan pernah memilih pemantul yang berwarna-warni (biru, merah apalagi hitam). Sebab lapisan pemantul ini berperan dalam pembacaan data dari CD/DVD yang telah ditulis. CD/DVD yang berwarna-warni kemungkinan tidak ada kendala saat penulisan (write) oleh CD/DVD burner, namun ada kemungkinan akan susah saat dibaca.

2. Bakar Di Bawah Kecepatan Maksimal.
Bakarlah (burn) CD/DVD yang Anda beli dibawah kecepatan maksimal yang tercantum di software burner (NERO, ROXIO, dsb). Jangan pernah percaya tentang kecepatan maksimum yang tertulis di label CD/DVD. Sebab meskipun tertulis 52x, tapi seringkal setelah dianalisa oleh CD/DVD burner melalui software burner, biasanya nilai tulis itu akan turun. Untuk kebutuhan kompatibiitas pembacaan, pilih kecepatan burning 10x/12x saja -walaupun hal ini akan berdampak pada waktu proses pembakaran. Selain itu, hal ini juga dapat mengantisipasi apabila CD/DVD tesebut akan dibaca dari device CD/DVD ROM dengan spesifikasi baca (read) lebih rendah -yang masih banyak digunakan.

3. Isian Data Jangan Sampai Full
Usahakan ketika pengisian data jangan sampai full, berilah ruang kosong (free space) beberapa mega byte.

4. Simpan Dalam Plastik Khusus
Setelah dibakar/dibaca, usahakan CD/DVD disimpan ke dalam plastik khusus untuk menghindari debu atau goresan. Simpan CD/DVD ditempat yang kering dan gelap, usahakan jangan lembab atau terkena sinar matahari langsung karena akan merusak lapisan pemantul sehingga CD/DVD sulit dibaca.

5. Jangan Ditekan
Jangan menulis label CD/DVD dengan pulpen, usahakan dengan spidol permanent pada bagian labelnya.

6. Perhatikan Cara Membersihkannya
Sebelum dimasukan untuk dibaca usahakan CD/DVD dibersihkan dari debu dan gunakan kain halus yang biasa untuk membersihkan kacamata. Hindari penggunaan tissue ala kadarnya atau baju untuk membersihkannya, hal ini guna menguhindarimunculnya goresa pada disk yang menyebabkan CD/DVD tidak dapat dibaca.

ntu ajjah dari ane,,,
bila ada kata yang tidak berkenan di hati,,
mohon dimaapkan,,,


22. Tutorial Trik Tips Menghindari Berbagai Jenis Penipuan Di Internet
Penipuan di Internet sekarang merajalela, jika Anda tidak mengetahuinya, kemungkian Anda akan menjadi korban. Para penipu ini bisa mengambil uang kita dengan berbagai cara atau memfitnah kita. Yang jelas sangat merugikan kita. Penipu biasanya memanfaatkan goncangan psikologis dan membuat orang mengabaikan akal sehat. Baca kelanjutannya ya…
1.      Undian Berhadiah
·         Sering sekali ada orang yang menerima email berisi Anda memenangkan undian berhadiah. Bisa dari Yahoo, Microsoft, atau yang lain. Jangan mempercayai email ini. Jika Anda penasaran sekali, kontak langsung Yahoo atau Microsoft atau siapapun yang dikabarkan dalam email tersebut akan memberi hadiah.
·         Pencegahan: Jangan percaya apalagi transfer uang terlebih dahulu sebelum Anda memastikan kebenaran undian berhadiah.
2.      Bisnis Palsu
·         Bisnis ini biasanya MLM (Anda harus merekrut member). Termasuk di dalam kategori ini adalah HYIP (High Yield Investment Program). HYIP bukan bisnis investasi tetapi permainan uang.
·         Pencegahan: Mendapatkan uang dengan mudah itu tidak ada. Selidiki siapa yang menyelenggrakan bisnis tersebut (alamat, badan hukum) jika akan bergabung dengan suatu bisnis..
3.      Phising
·         Phising adalah teknik penipuan untuk mencuri password Anda atau informasi pribadi Anda. Pelaku phising sering membuat website palsu yang mirip dengan aslinya, sehingga korban memasukkan nomor rekening dan password di website penipu.
·         Pencegahan: jangan mengklik link di email, selalu periksa URL sebelum login. Misalnya jika mau login ke yahoo mail, pastikan URL-nya mail.yahoo.com.
4.      Program Pay To
·         Anda mendapat tawaran untuk mengikuti program yang akan membayar Anda jika Anda mengklik email atau banner. Diantaranya memang mereka membayar Anda, namun sebagian besar mereka tidak membayar Anda. Ciri-ciri penyelenggara bisnis ini yang menipu adalah jika mereka menyaratkan Anda harus memperoleh poin sejumlah tertentu (misalnya 100 USD) sebelum mereka membayar Anda. Kenyataannya, poin Anda tidak pernah mencapai jumlah ini.
·         Pencegahan: Tidak mengikuti program ini, kalau Anda tertarik mengikuti, selalu memeriksa forum yang membahas program tersebut dan mencari tahu apakah membernya dibayar.
5.      Piramida Uang
·         Mirip MLM tapi tanpa produk. Anda diminta untuk mentransfer uang ke nama nomer pertama, Anda masuk ke nomor terakhir. Anda diminta menyebarkan email tersebut ke banyak orang. Bisnis seperti ini tidak berjalan dan hanya membuang waktu Anda.
·         Pencegahan: Tidak mengikuti bisnis piramida uang.
6.      Pencucian Uang
·         Anda mendapat email bahwa ada harta warisan yang perlu dicairkan. Anda diminta membantu dengan menyediakan rekening bank untuk ditransfer. Uangnya sebenarnya tidak ada, kalaupun ada dan ditransfer ke rekening Anda, uang itu adalah hasil curian dan Anda akan berurusan dengan hukum.
·         Pencegahan: Jangan pernah tergiur dengan penawaran ini.
7.      Hacking & Cracking
·         Anda tiba-tiba tidak bisa login di email, password salah terus! Padahal Anda merasa tidak pernah mengganti password. Atau E-gold atau paypal Anda tiba-tiba habis ada yang menguras. Pelakunya adalah hacker atau cracker yang mencuri password Anda dan mentransfer ke rekening mereka.
·         Pencegahan: Selalu memasang antivirus dan tidak mengakses rekening online di warnet, selalu gunakan komputer pribadi jika Anda harus mengakses rekening online.
8.      Software yang berisi virus / trojan
·         Anda mendownload software dan merasa nyaman menggunakannya. Tiba-tiba rekening Anda ada yang membobol.
·         Pencegahan: Selalu gunakan antivirus terbaru yang sudah diupdate ketika membuka Internet.
9.      Penyedia layanan email palsu
·         Anda mendapat email yang berisi iklan bahwa ada sebuah layanan email yang sangat fantastis, misalnya tanpa batasan kapasitas, anonim, bahkan Anda akan mendapat dollar jika registrasi. Itu semua bohong. Jika Anda menggunakan email tersebut, maka data-data pribadi Anda akan dicuri oleh penyedia email palsu tersebut.
·         Pencegahan: Jangan mendaftar email ke tempat yang tidak dapat dipercaya, gunakan yahoo atau gmail yang terpercaya.
10.  Email palsu (Fake Mail)
·         Anda mendapat e-mail seolah-olah dari admin yahoo, admin e-gold atau paypal. Email ini menyatakan Anda harus login untuk verifikasi data. Anda sangat terkejut dan segera membuka link yang ada dalam pesan email tersebut. Anda diminta memasukkan password Anda. Jika ini terjadi berarti Anda telah tertipu, karena mengirimkan password ke hacker / cracker.
·         Pencegahan: Jangan mengklik link dalam email, apalagi setelah Anda klik, Anda harus memasukkan password Anda. Ini halaman palsu.
11.  Email Berantai (Chain / Hoax Letter)
·         Anda pasti sering mendapatkan email yang menganjurkan untuk meneruskan pesan (forward) tersebut ke orang lain. Mungkin ada ancaman atau Anda ingin membantu seseorang, atau dengan meneruskan email tersebut Anda akan mendapatkan hadiah. Hampir semua email berantai adalah bohong. Hanya membuang waktu Anda.
·         Pencegahan: Jangan meneruskan email yang menyarankan Anda untuk meneruskan email kepada orang lain.
Berhati-hatilah! Ada dua pedoman penting:
1.      Berhati-hati dan tidak mudah percaya.
2.      Sesuatu yang terlalu bagus untuk ada, itu berarti tidak ada.


23. Silahkan berburu Software Gratis untuk didownload yakni :
Foxit Reader : www.foxitsoftware.com
Adobe Acrobat : www.acrobat.com/

 24. Jelaskan kegunaan seluruh Software yang Anda download pada soal nomor 19 tersebut di atas !
1. Ansaf : antivirus lokal yang berfungsi scan virus dan trojan
2. NOD32 : antivirus komersial yang berfungsi menjaga komputer dari virus, trojan, malware, backdoor
3.avira : antivirus gratis yang mempunyai banyak fitur dalam menangani virus
4. PDF Creator : aplikasi untuk membuat file PDF
5. Akrobat reader : aplikasi untuk membuat dokumen PDF
6. Adobe reader : aplikasi untuk membuka file PDF

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar